Penjelasan Pusat Gravitasi Muatan

Penjelasan Pusat Gravitasi Muatan | Sedikitnya saya pernah menyinggung terkait penjelasan pusat gravitasi ini. Pada halaman Prosedur Pengangkatan Beban disebutkan bahwa ketika menggantung, mengangkat, menempatkan suatu muatan, selalu ada bahaya yang mungkin terjadi, seperti jatuh, miring, atau mengayun. Karena masalah ini berhubungan dengan posisi pusat gravitasi muatan, selalu tentukan pusat gravitasi sebelum menggantung, mengangkat, atau menempatkan muatan.

Pusat Gravitasi
Pusat Gravitasi (1)

Sekalipun garis tegak melalui dasar muatan, tetapi lewat dekat tepinya, jika muatan dimiringkan, garis tegak lurus itu boleh bergeser di luar dasar itu dan muatan akan jatuh. Penempatan suatu muatan dengan cara ini adalah berbahaya.

Pusat Gravitasi (2)
Pusat Gravitasi (2)
Prinsip yang sama diaplikasikan ketika memegang muatan diatas block dan forklift. Block harus diletakkan dibawah kedua sisi dari muatan. Jika suatu muatan pada forklift tidak stabil, muatan akan jatuh kedepan, pada saat forklift di rem.

Pusat Gravitasi (3)
Pusat Gravitasi (3)
Suatu muatan dengan pusat gravitasi yang tinggi adalah tidak stabil. Sebagai contoh, suatu kedudukan pencil akan jatuh dengan mudah, jadi tidak ada yang dapat meletakkannya seperti itu, karena pusat gravitasinya tinggi.

Pusat Gravitasi (4)
Pusat Gravitasi (4)
Ketika penempatan suatu muatan pada bidang miring, garis tegak dari pusat gravitasi menyimpang dari dasar menyebabkan muatan itu jatuh dengan mudah. 

Pusat Gravitasi (5)
Pusat Gravitasi (5)
Ketika menempatkan blok di bawah suatu muatan, gunakan blok yang tingginya sama, seperti ditunjukkan gambar di bawah. Karena blok yang beda tingginya dengan pusat gravitasi yang rendah, blok dapat mengulung sekalipun muatan tidak jatuh.

Pusat Gravitasi (6)

Pusat Gravitasi (6)

Ketika menggantung suatu muatan, gaya berat muatan yang benar di bawah hook. Oleh karena itu, jika muatan tidak digantung di atas pusat gravitasi, maka muatan akan miring atau mengayun. 

Pusat Gravitasi (7)
Pusat Gravitasi (7)

Ketika menggantung suatu muatan dengan di bawah rope, jika rope miring pada satu sisi muatan, muatan akan miring, terjungkir, dan jatuh. Jika tali licin akan lebih berbahaya lagi. 

Pusat Gravitasi (8)
Pusat Gravitasi (8)

Bagikan: