Penjelasan Posisi Pusat Gravitasi

Penjelasan Posisi Pusat Gravitasi | Bukan hanya mengetahui pusat gravitasi saja, kitapun harus bisa menetapkan posisi pusat gravitasi yang tepat pada setiap beban yang akan kita kerjakan seperti penangkatan.
Gaya berat pusat timbul di bawah hook ketika muatan tergantung, posisi pusat gravitasi dapat ditemukan jika muatan tergantung dari tempat berbeda sebagaimana yang ditunjukkan pada gambar berikut, tetapi hampir mustahil untuk melakukan itu dalam praktek. Bagaimanapun, jika kamu memahami teori ini, kamu dapat menaksir pusat gravitasi oleh kecenderungan kemiringan muatan.

Posisi Pusat Gravitasi (1)
Posisi Pusat Gravitasi
Beban yang mantap atau stabil adalah beban yang titik beratnya berada tepat dibawah pengait utama dan dibawah titik terendah dari perangkat tambahan pada sling. Pada saat mengangkat beban yang bentuknya beraturan, titik berat dari beban itu mudah untuk diketahui. Pusat berat biasanya diperoleh berdasarkan pengalaman. 

Waspadalah terhadap beban yang berisi cairan atau benda yang dapat bergerak, hal ini akan mempengaruhi keseimbangan beban. Hal itu memerlukan banyak pengalaman untuk menaksir posisi pusat gravitasi dengan menyaksikan suatu muatan selama bekerja. Pusat gravitasi dapat ditemukan dengan mudah jika bentuk muatan sederhana, tetapi menjadi sulit ketika bentuk rumit. Bagaimanapun, hal ini adalah mustahil untuk mengkalkulasi pusat gravitasi setiap kali anda menggantung muatan. 

Sekalipun anda mempunyai keyakinan diri dalam menaksir pusat gravitasi, jangan mengangkat muatan dengan cepat. Jika muatan miring terlalu sering, perkiraan tentang pusat gravitasinya adalah salah, dan anda harus mengoreksinya. Jika muatan miring, maka pusat gravitasinya berada pada sebelah bawah, bukan di mana yang anda perkirakan sebelumnya. Oleh karena itu, anda harus menyangkutkan titik di arah sebelah bawah,

Posisi Pusat Gravitasi (2)
Posisi Pusat Gravitasi (2)

Bagikan: