Pengertian dan Fungsi Final Drive

Pengertian dan Fungsi Final Drive - Secara umum final drive adalah susunan roda gigi yang biasanya berupa satu set roda gigi lurus dan atau satu set roda gigi planet (planetary gear) sebagai roda gigi penggerak akhir yang berfungsi untuk mereduksi putaran dan meningkatkan torsi unit, seperti pada bulldozer, dump truck, wheel loader, dan alat berat lainnya. Pada pembahasan kali ini, akan difokuskan pada pembahasan final drive pada bulldozer.

Baca juga: Control Valve Pada Torqflow Transmission

Pengertian dan Fungsi Final Drive
Pengertian dan Fungsi Final Drive
Prinsip Dasar Final Drive 
Prinsip kerja final drive sama dengan prinsip kerja pada transmisi, dimana terdapat pengurangan kecepatan putar dan penambahan torsi dengan cara memanfaatkan perbedaan jumlah gigi pada roda gigi. Final drive dipasang melebar keluar dari badan unit setelah steering clutch. Dalam operasinya, final drive dihadapkan pada tekanan permukaan yang besar disebabkan oleh beban goncangan dan benturan, sehingga memerlukan perhatian yang lebih untuk pemilihan oli pelumas dan mencegah masuknya benda asing ke dalam final drive case.

Baca juga: Cara Engage dan Disengage Clutch

Perbandingan reduksi normal final drive umumnya berada diantara 1:9 sampai 1:12. Untuk perbandingan reduksi yang lebih kecil digunakan sistem reduksi tunggal (single reduction system). Untuk perbandingan reduksi yang lebih besar digunakan sistem reduksi ganda (double reduction system) atau sistem roda gigi planet (planetary gear system).

Pengertian dan Fungsi Final Drive
Bagikan: