Macam-macam Adhesive dan Sealant

Macam-macam Adhesive dan Sealant | Adhesive adalah suatu bahan yang digunakan untuk menyatukan atau menyambungkan suatu bahan yang sama ataupun berbeda jenis materialnya, baik itu logam dengan logam, logam dengan kayu, logam dengan karet dan sebagainya. Sedangkan sealant adalah bahan yang dapat melekat setidaknya ke dua permukaan dan mengisi ruang di antara itu sebagai pembatas atau lapisan pelindung. Sealant digunakan untuk mengisi celah, ketahanan atau mengakomodasi gerakan antara substrat, dan menjaga air atau udara keluar. Sealant tidak dimaksudkan untuk pemindahan beban dan karena itu biasanya kekuatannya lebih rendah daripada perekat, tetapi memiliki fleksibilitas lebih tinggi. Dan berikut di bawah ini akan dijelaskan macam-macam adhesive dan sealant.

Baca juga: Cara Memasang Bolt (Baut) Dengan Benar

Macam-macam Adhesive dan Sealant
Macam-macam Adhesive dan Sealant
1. Threadlocking adhesive. Menjamin kekuatan hasil rakitan dengan mencegah kendurya nut, bolt screw akibat getaran. Contoh produk Loctite
a. Threadlocking 243. Adhesive berkekuatan sedang untuk pemakaian umum, cocok untuk bolt hingga M36.
b. Removable threadlocker 242. Adhesive berkekuatan sedang untuk bolt hingga M36. Dapat dibuka kembali menggunakan kunci biasa. 
c. Permanen threadlocker 262. Adhesive berkekuatan tinggi untuk mengunci segala bolt yang harus menghadapi goncangan dan getaran hebat. 
d. High strength threadlocker 271. Adhesive berkekuatan sangat tinggi untuk bolt sampai dengan M36, dan untuk baut-baut yang tidak akan dibuka kembali.

2. Thread sealing / Pipe sealant. Menjamin pencegahan kebocoran di celah-celah ulir. Mengisi celah yang sangat tahan terhadap zat kimia. Berfungsi sebagai pelumas pada pemasangan ulir pipa, mencegah gesekan serta memberikan torsi yang konstan. Contoh produk Loctite
a. PST Pipe sealant 565. Cepat kering, tahan bahan pelarut, menyegel seketika pada tekanan rendah, kekuatana dapat diatur untuk memudahkan pembongkaran kembali. 
b. PST Pipe sealant 577. Cepat kering dan kental, menyekat dengan cepat, bila sudah mongering kekuatan seal dapat mencapai titik ledak pipa. 
c. PST Pipe sealant 567. Sealant pipa untuk pemakaian pada stainless steel dan sambungan metal, sangat efektif untuk tekanan tinggi. Memiliki ketahanan tinggi terhadap bahan pelarut. Sebagai pelumas saat pemasanganan pipa.
3. Flange sealant. Menutup kebocoran flange lebih efektif dari pada gasket biasa, karena kontak metal ke metal lebih rapat, hanya mengisi jalur yang bocor. Contoh produk Loctite
1. Gasket Eliminator 515. Sealant untuk pemakaian umum, terutama untuk pembuatan gasket yang fleksibel. 
2. Gasket eliminator 518. Anaerobic yang cepat kering dan fleksibel untuk membuat gasket dirancang khusus untuk metal yang pasif dan bisa menyesuaikan gerakan flange. Tegangan gesernya sangat tinggi , mengisi celah sampai ketebalan 0.5 mm. 
3. Gasket eliminator 510. Sealant yang tahan panas tinggi khusus dirancang untuk membuat atau melapisi gasket dalam kondisi perakitan yang ekstem. 

4. Retaining compound. Dipakai sebagai perekat untuk bushing, bearing, pin, pulley, dll. Memperkuat part yang dipasang dengan cara dipress. Atau mengencangkan kembali bagian yang sudah kendor dengan cara mengisi celahnya. Mengatasi kebocoran cairan melalui bagian rakitan. Contoh produk Loctite
a. Retaining compound 609. Bahan yang cepat kering, mengisi celah sampai dengan 0.15 mm, untuk pemakaian umum, tegangan geser mencapai 24 N/mm2 pada baja. 
b. Retaining compound 603. Adhesive yang cepat kering dan encer,dipakai untuk merekat bagian-bagian silindris yang tidak mungkin dihilangkan seluruh minyaknya. 
c. Retaining compound 641. Adhesive berkekuatan sedang untuk merakit bagian yang sewaktu-waktu dapat dibongkar kembali.
d. Retaining compound 648. Adhesive berkekuatan tinggi dan cepat kering dengan tegangan geser 26 N/mm2 pada baja.

5. Anti-seize. Pelumas untuk mencegah korosi dan keausan. Untuk melumasi ulir-ulir baut dan plug yang sering terkena suhu tinggi atau rawan terkena karat, agar mudah dibuka kembali saat pembongkaran.

Macam-macam Adhesive dan Sealant 
Bagikan: