Komponen Undercarriage: Track Roller

Komponen Undercarriage: Track Roller - Track roller yang terdapat pada sebuah undercarriage berfungsi sebagai pembagi berat unit ke track dan sebagai pengarah track link, bukan untuk menggulung track. Track roller teridir atas dua jenis, yaitu single flange dan double flange. Dua jenis track roller tersebut dipasang dengan susunan tertentu pada masing-masing track pada crawler tractor. Jumlah track roller yang terpasang pada sebuah undercarriage sangat tergantung dari panjangnya track, semakin panjang track maka semakin banyak pula susunan track roller yang terpasang. Berikut ini ditunjukkan salah satu contoh susunan track roller pada unit bulldozer D155.

Baca juga: Komponen Undercarriage: Track Frame

Komponen Undercarriage: Track Roller
Komponen Undercarriage: Track Roller
Di samping ini ditunjukkan struktur dari sebuah track roller. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, oli yang terdapat di dalam track roller bertujuan untuk mengurangi keausan yang terjadi akibat gesekan antara bushing dengan shaft. Dikarenakan terdapat adanya oli untuk pelumasan di dalam track roller, maka di pasanglah floating seal. Floating seal yang dipasang pada track roller berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran oli dari dalam ke luar dan sebaliknya mencegah agar jangan sampai debu, pasir, atau lumpur masuk ke bagian dalam track roller. 

Komponen Undercarriage: Track Roller
Komponen Undercarriage: Track Roller
Track Roller Support 
Track roller support merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemegang atau tempat dudukan dari track roller. Track roller support terdiri dari dua tipe, yaitu tipe rigid dan tipe boogie. Track roller support dengan tipe rigid berarti track roller-nya langsung dipasang pada track frame-nya. Sedangkan track roller support tipe boogie terbagi ke dalam dua tipe, yaitu tipe X-boogie dan K-boogie. Jika dibandingkan dengan track roller support tipe rigid (conventional), track roller support tipe boogie lebih dapat menyesuaikan dengan bentuk permukaan tanah yang tidak rata, hal ini akan lebih menguntungkan karena akan meminimalkan slip antara permukaan tanah dengan track shoe. Dengan slip yang minimal, maka akan menambah traksi dan memperpanjang umur dari komponen-komponen undercarriage.

Baca juga: Fungsi dan Klasifikasi Undercarriage

Komponen Undercarriage: Track Roller
Bagikan: