Komponen Undercarriage: Track Frame

Komponen Undercarriage Pada Alat Berat - Selain fungsi dan klasifikasinya, sebagai mekanik harus juga mengetahui setiap komponen utama pada undercarriage seperti yang akan dibahas di halaman ini. 


Track Frame 
Komponen pertama yang akan dibahas adalah track frame. Track frame merupakan tulang punggung daripada undrcarriage, sebagai tempat kedudukan komponen-komponen undercarriage. Pada setiap crawler tractor terdapat 2 buah track frame yang dipasang pada bagian kiri dan kanan unit. Track frame merupakan gabungan baja yang dibentuk menyerupai kotak (box) yang disusun saling menyilang dan dirakit dengan plat baja yang dilas. Track frame khusus dirancang agar mampu melawan beban kejut baik dalam kondisi kerja ringan maupun berat. 

Berdasarkan cara pengikatannya (mounting) ke main frame, track frame diklasifikasikan menjadi beberapa tipe, yaitu tipe rigid mounting dan tipe pivot mounting. Berikut ini dijelaskan perbedaan antara keduanya.

- Rigid mounting. Track frame dengan tipe rigid ini diikat (mounting) ke main frame dengan kaku (rigidly). Track frame dengan tipe seperti ini biasa digunakan pada unit-unit kecil, contohnya pada unit bulldozer D41-6.
- Pivot mounting. Track frame dengan tipe pivot mounting seperti ini masing-masing track frame-nya dapat bergerak secara bebas (independenly). Track frame ini digunakan pada unit-unit dengan ukuran menegah sampai dengan unit yang berukuran besar. Track frame dengan tipe pivot mounting terdiri atas dua tipe, yaitu pivot shaft type dan diagonal brace type.

Komponen Undercarriage Pada Alat Berat
Komponen Undercarriage Pada Alat Berat
Komponen Undercarriage: Track Frame
Bagikan: