Komponen Steering System Pada Wheel Machine

Komponen Steering System Pada Wheel Machine - Setelah melewati pembelajaran tentang prinsip dasar dan klasifikasi steering system, mekanik juga harus mampu menyebutkan nama serta menjelaskan fungsi dari komponen-komponen steering pada wheel machine yang akan di bahas sekarang.

Baca juga: Prinsip Dasar dan Klasifikasi Brake System Crawler Machine

Komponen utama dan yang pertama adalah steering gear box. Terdapat beberapa macam steering gear box, diantaranya adalah mechanical, semi hydraulic dan full hydraulic seperti yang akan dijelaskan di bawah.

- Mechanical. Mekanisme pergerakkannya hanya mengandalkan tenaga operator saja. Gambar di bawah menunjukkan contoh steering gear box pada unit dump truck.

Komponen Steering System Pada Wheel Machine
Komponen Steering System Pada Wheel Machine
- Semi Hydraulic. Mekanisme pergerakkannya dibantu dengan tenaga hydraulic dan terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu sebagai berikut:
• Semi integral. Pada semi integral type, di dalam gear box terdapat directional control valve untuk mengarahkan aliran oil dari pump ke cylinder (sisi head atau sisi bottom). 
• Integral. Pada integral type, gear box assy terdiri dari komponen directional control valve (control valve assembly), piston dan gear box (power cylinder assembly). 
• Orbitroll. Orbitroll berfungsi sebagai directional control valve untuk mengarahkan aliran oli pada saat engine running (pump bekerja), sedangkan pada saat engine mati, orbitroll akan berfungsi sebagai hand pump dan directional control valve. 
Pada saat steering wheel diputar, maka spool akan bergerak. Pergerakkan spool ini terbatas karena adanya center pin yang mengunci spool dan sleeve. Posisi spool akan berubah sesuai dengan pergerakkan steering wheel, sehingga oli yang di-supply oleh pump akan diarahkan dari spool ke metering device selanjutnya ke cylinder. Posisi dari spool akan dikembalikan ke posisi semula oleh leaf spring ketika steering sudah tidak dioperasikan lagi.

Baca juga: Prinsip Dasar dan Klasifikasi Steering System Crawler Machine

Untuk komponen yang kedua adalah demand valve. Demand valve berfungsi untuk menjaga agar aliran oli yang menuju ke steering system selalu konstan.

Demand Valve
Demand Valve
Komponen Steering System Pada Wheel Machine
Bagikan: