Komponen Pada Clutch (Kopling)

Komponen Pada Clutch (Kopling) | Mengenai komponen kopling sebenarnya telah sedikit disinggung pada artikel sebelum ini. Komponen suatu clutch tak jauh dengan disc, plate, spring dan lainnya yang terpasang pada kopling, bekerja saling mendukung antar komponen satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Tipe Clutch Dalam Engine Diesel

• Disc 
Bentuk dan jenis disc tergantung pada tujuan penggunaan clutch tersebut. Standar bentuk disc dan penamaan bagian-bagiannya (nomenclature) adalah sebagai berikut gambar 1 di bawah:

Komponen Pada Clutch (Kopling)
Komponen Pada Clutch (Kopling) (1)
Pada disc dibuat dengan pola alur yang berbeda. Bentuk pola alur (pattern - gambar 2) sengaja dibuat pada permukaan bidang gesek (facing material) dari disc dengan tujuan untuk pendinginan clutch, mengurangi kerugian gesek/slip dan untuk memungkinkan oli terbebas/keluar pada saat engage.

Komponen Pada Clutch (Kopling) (2)
Komponen Pada Clutch (Kopling) (2)
• Plate dan Pressure Plate
Pressure plate yang menekan/menjepit clutch disc ke flywheel karena adanya daya dari clutch spring. Sedangkan syarat plate yang baik adalah sebagai berikut: 
- Mempunyai koeffisien gesek yang besar. 
- Tahan terhadap keausan.
- Cukup kasar, permukaan harus rata/datar agar kontak dengan disc juga bisa merata. 

Clutch dibagi menjadi dua jenis yaitu fixed clutch dan rotating clutch. Dibawah ini digambarkan kedua jenis clutch tersebut (gambar 3): 

Komponen Pada Clutch (Kopling)
Komponen Pada Clutch (Kopling)
• Clutch Spring 
- Main Spring. Spring ini digunakan hanya pada main clutch type spring dan berfungsi sebagai sumber tenaga yang akan menekan pressure plate agar disc dan plate dapat engage. 
- Return Spring. Spring ini bertugas untuk menarik kembali pressure plate pada saat clutch diposisikan disenganged. 

• Clutch Spring & Over Center 
• Adjuster 
Pada saat clutch disc sudah aus, clutch akan cenderung slip ketika mendapat beban berat. Untuk mengatasinya (sebelum disc benar-benar aus/habis) dapat dilakukan dengan mengencangkan adjuster. Pada prinsipnya dengan mengencangkan adjuster tersebut berarti akan menekan pressure plate lebih jauh agar celah/clearance antara disc dan plate kembali menjadi kecil/ rapat.

Komponen Pada Clutch (Kopling)
Bagikan: