Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter

Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter - Suatu unit torqflow yang sedang beroperasi ke dalam torque converter yang diberi oli dengan tekanan tertentu, pump/impeller dalam torque converter berputar karena berhubungan langsung dengan flywheel melalui drive case sehingga oli yang mengalir dalam sudu-sudu pump mendapat gaya sentrifugal dari pump itu sendiri dan terlempar keluar yang menimbulkan tenaga aliran (energi kinetis) pada oli tersebut.

Baca juga: Komponen Pada Torque Converter

Aliran oli yang terlempar segera masuk ke dalam sudu-sudu turbin dan mendorongnya sehingga turbin berputar karena menerima tenaga kinetis dari oli tersebut. Selanjutnya oil flow segera meninggalkan turbin dan masuk ke dalam sudu-sudu stator. Dalam sudu-sudu stator, arah oil flow dirubah diarahkan kembali masuk ke dalam inlet sudu-sudu pump, karena oil flow ini masih menyimpan energi kinetis, sehingga dapat membantu kerja pump dan menghasilkan tenaga kinetis baru pada outlet yang mana selanjutnya akan diterima turbin, demikian dan seterusnya. Sedangkan tipe-tipe torque converter dibagi menjadi beberapa macam seperti single phase, double phase, triple phase dan torque converter with lock up clutch.

1. Single Phase
Pada torque converter tipe single phase, apabila speed ratio naik mendekati 1 (satu) torque turbin akan turun mendadak, semakin tinggi speed ratio semakin tinggi pula effisiensi torque converter dan akan mencapai maksimum pada speed ratio= 0,7 (sebagai contoh). Beberapa tenaga engine yang tidak dapat dipindahkan oleh torque converter adalah sebagai tenaga yang hilang (slip) yang kemudian akan berubah menjadi panas pada oli dalam torque converter itu sendiri. Oleh sebab itu adalah sebagai alasan yang tepat kenapa torque converter harus di lengkapi dengan oil cooler yang cukup besar untuk mencegah panas oli yang berlebihan pada saat operasi.

Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter
Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter
2. Double Phase
Pada torque converter tipe double phase, antara stator dan shaft-nya dipasang free wheel sehingga bisa berputar satu arah. Pada permulaan effisiensi akan menurun, stator mulai berputar, sehingga oil flow akan mengarah kembali menuju pump, sehingga effisiensi torque converter akan naik kembali mendekati 100 %. Oil flow dan speed ratio dalam torque converter tipe double phase seperti yang dicontoh pada gambar di bawah.

Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter
Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter (2)
3. Triple Phase
Pada torque converter tipe triple phase, terdapat dua stator yang masing-masing dilengkapi dengan free wheel. Pada permulaan effisiensi mulai menurun, stator satu (S1) akan berputar menghindari turunnya effisiensi, kemudian speed ratio dapat lebih tinggi yang selanjutnya effisiensi akan menurun lagi, tetapi  stator dua (S2) mulai berputar menyebabkan torque turbin tidak turun dan naiklah effisiensi yang kedua kalinya.

Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter
Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter (3)
4. Torque Converter with Lock Up Clutch
Cara lain untuk menaikkan effisiensi torque converter adalah dengan menggunakan susunan clutch yang terletak antara pump dan turbin seperti gambar berikut:

Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter
Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter
Torque converter berfungsi sebagaimana mestinya, hanya pada speed tertentu dan apabila dikehendaki operator clutch dapat engaged yang berarti menghubungkan langsung antara turbin dengan pump sehingga merupakan unit direct drive dengan effisiensi 100%. Torque converter seperti ini biasanya stator dilengkapi dengan free wheel. Namun ada juga torque converter yang dilengkapi dengan lock up clutch tetapi stator tidak memakai free wheel. Sehingga ketika lock up clutch difungsikan (engaged), stator clutch akan disengaged untuk membebaskan stator dari housingnya dan dapat berputar bebas. Jadi ketika lock up clutch difungsikan, oli dalam torque converter dapat bergerak bebas bersama dengan putaran pump dan turbin, tanpa adanya hambatan dari sudu-sudu bila stator dalam keadaan diam. Lock up clutch dijalankan oleh tekanan oli, dimana oli yang menuju lock up clutch maupun stator clutch diatur oleh lock up valve. Lock up valve ini digerakkan solenoid berdasarkan sensor kecepatan (yaitu kecepatan out put shaft) dan sensor tekanan modulating oli transmisi.

Klasifikasi dan Performance Tipe Torque Converter
Bagikan: