Control Valve Pada Torqflow Transmission

Control Valve Pada Torqflow Transmission - Gambar di bawah menunjukkan salah satu tipe dari torqflow transmission yang mempuyai rotary clutch pada clutch ke lima.

Baca juga: Cara Engage dan Disengage Clutch

Control Valve Pada Torqflow Transmission
Control Valve Pada Torqflow Transmission
Rotary clutch ini biasanya untuk kecepatan 1, yang selalu berputar bersama-sama dengan output shaft. Tidak seperti clucth yang lainnya, sehingga oil pressure yang dikirim kepadanya (melalui shaft untuk kepentingan clutch) akan sulit untuk di-drain kembali ke case oleh karena adanya gaya sentrifugal. Oleh sebab itu diciptakan lah ball check valve yang berfungsi sebagai berikut:
~ Menutup drain port saat ada oil pressure masuk sehingga maksud untuk engage clutch dapat terselenggra dengan baik (tidak ada kebocoran). 
~ Membuka drain port (karena adanya gaya sentrifugal) sehingga oli tadi akan cepat keluar/drain dan clutch-pun akan cepat pula untuk disengage. 

Control Valve 
Control valve adalah kombinasi dari beberapa valve yang bekerja pada fungsinya masing-masing, antara lain seperti berikut: 
• Modulating relief valve, berfungsi:
- Mengatur dan membatasi maximum oil pressure yang akan digunakan oleh setiap transmission clutch. 
ƒ- Bersama-sama dengan quick return valve me-modulate pressure sehingga dapat mengurangi kejutan pada clutch.(slow engage) dan sock pada unit yang dapat memungkinkan panjang umur dari setiap komponen. 
- Mengatur (waktu) oil flow yang menuju ke torque converter. 
Quick return valve, fungsinya mengatur langkah gerak sleeve dari modulating valve dengan mengatur oil flow ke ke sleeve dan ke drain sehingga dapat terjadi cepat dalam disengage dan lambat/pelan-pelan dalam engage setiap transmission clutch 
Reducing valve, fungsinya mengatur arah aliran oli yang akan masuk ke rotary clutch 
Speed valve, fungsinya mengatur arah aliran oli ke setiap speed clutch dan drain
Safety valve,  berfungsi sebagai penyelamat, jangan sampai unit bergerak (maju/mundur) sebelum dikehendaki operator pada saat engine di start
Directional valve, fungsinya mengarahkan aliran oil ke directional clutch (forward/reverse) dan drain.

Control Valve Pada Torqflow Transmission
Bagikan: