Control System Pada Clutch (Kopling)

Control System Pada Clutch (Kopling) | Lebih bersahabat bila saya memanggilnya dengan Sistem Kontrol Pada Kopling. Pada sistem ini ada banyak sekali uraiannya dan saya akan mencoba untuk sedikit membahasnya dengan singkat namun mudah untuk dipahami.

Baca juga: Komponen Pada Clutch (Kopling)

• Pedal (dengan injakan kaki) 
Pada unit yang memakai clutch spring type, proses disengage dengan menekan pedal. Dibawah ini menunjukkan pembagian dari tipe pedal. 

Control System Pada Clutch (Kopling)
Control System Pada Clutch (Kopling)
ƒ Mechanical Type 
Tipe pergerakkan/pengontrolan mekanikal banyak/umum digunakan pada automobile, mechanical type mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 
- Konstruksi sederhana. 
- Pergerakan secara langsung dengan melalui linkage-linkage. 
- Membutuhkan tenaga yang besar untuk mengoperasikannya, karena langsung melawan kekuatan dari clutch spring.
Control System Pada Clutch (Kopling) (2)
Control System Pada Clutch (Kopling) (2)
ƒ Booster Type
Booster berfungsi untuk membantu meringankan injakan pedal supaya operator tidak cepat lelah karena harus melawan gaya spring pada clutch secara terus-menerus. 

• Spring Booster 
Booster tipe ini menggunakan kekuatan spring yang akan membantu operator ketika menekan pedal untuk men-disengage-kan clutch. Spring booster banyak digunakan pada unit bulldozer dan nissan. 

• Hydraulic Booster
Booster tipe ini menggunakan oli bertekanan (pressure oil) yang akan membantu operator ketika akan men-disengagge-kan clutch (menekan pedal clutch). Tipe booster yang sering dipakai adalah sebagai berikut:
- Single Acting Booster. 
Bekerja dengan bantuan tenaga hidrolis. Sewaktu engine hidup, main clutch berada pada posisi engage (clutch spring type) dan oil flow/aliran oli dari pompa hanya mengalir melewati booster, kemudian digunakan unttuk pelumasan dan pendinginan ke clutch shaft. 
- Non Servo Type
Type ini terdiri dari komponen master cylinder (sebagai pembagkit tekanan pada oli) dan operating cylinder (sebagai actuator, yang menggerakkan clutch). 
ƒ- Servo Type
Pada tipe ini tidak hanya menggunakan tekanan oli, tetapi juga memanfaatkan tekanan udara dari compressor. Komponennya terdiri dari master cylinder dan clutch booster. Clutch booster ini yang bertindak sebagai actuator, yang mana bekerjanya berdasarkan tekanan oli dan tekanan udara.

• Lever 
Pada over center type, untuk men-gengage-kan maupun disengage-nya clutch dikontrol dengan memakai lever. Supaya operator tidak cepat lelah, maka dilengkapi dengan booster (hydraulic booster) double acting type yang akan membantu operator men-gengage maupun disengage clutch. 

Control System Pada Clutch (Kopling)

Bagikan: