Cara Memasang Bolt (Baut) Dengan Benar

Cara Memasang Bolt (Baut) Dengan Benar |Bolt atau baut adalah komponen yang paling penting dalam menjaga engine tetap terhubung satu sama lainnya. Bila ada kesalahan sedikitpun seperti pemasangan baut yang kendor maka itu akan membahayakan pengguna engine tersebut. Maka dari itu saya akan jelaskan tata cara yang benar dalam memasang bolt atau baut.

a) Gunakan bolt yang panjangnya sesuai. Jika bolt terlalu panjang, hal ini dapat menyebabkab bolt menyentuh dasar dari lubang ulir. Jika terlalu pendek, bolt tidak cukup menahan dari parts, dan kekuatannya menurun. 
b) Ketika assembling machines, kencangkan bolt (baut) dan nuts (mur) dengan torque yang sesuai. 
c) Kencangkan bolts dan nut secara berurutan, atas dan bawah, kiri dan kanan, sehingga gaya dapat merata.(seperti gambar di bawah ini).
Cara Memasang Bolt (Baut) Dengan Benar
Cara Memasang Bolt (Baut) Dengan Benar
d) Ketika pengencangan bolt dari parts yang penting seperti pada main bearing cap dan conenting rod dari engine, kencangkan secara bertahap agar efektif. Jika bolt dikencangkan lagi setelah dikendorkan sekali, ini akan membuat bolt lebih menempel pada permukaan dan kekencangannya dapat merata.
e) Bolt yang dapat dengan mudah dikendorkan, gunakan coating material yang sesuai untuk pengencangan bolt. Sebelum menggunakan coating material, bersihkan bolt dan female screw dari kotoran dari oli.

Cara Memasang Bolt (Baut) Dengan Benar
Bagikan: