Brake System Wheel Machine Berdasarkan Kontrol Pengereman

Brake System Wheel Machine Berdasarkan Kontrol Pengereman - Mengenai cara pengereman atau lebih tepatnya adalah sistem kontrol dalam pengereman di wheel machine. Ada beberapa tipe yang biasa digunakan, antara lain seperti hydraulic, air over hydraulic dan air.

• Hydraulic 
Pada tipe ini tenaga yang dipakai untuk mengembangkan posisi brake shoe atau untuk menekan disc agar terjadi pengereman adalah tenaga hydraulic. 

Tenaga hydraulic
Tenaga hydraulic
• Air Over Hydraulic 
Beberapa komponen penting yang digunakan pada tipe brake ini adalah sebagai berikut.
Compressor berfungsi sebagai sumber supply udara yang digunakan di dalam brake system. Udara yang dihisap compressor berasal dari udara luar dan dari air governor jika tekanan udara di dalam sistem sudah mencapai setting pressure-nya.
Air governor terletak antara wet tank dan compressor serta berfungsi untuk menjaga agar tekanan udara di dalam sirkuit tetap konstan sesuai batas yang ditetapkan.
Air tank berfungsi untuk menampung udara yang dibutuhkan pada air circuit.  Air tank diklasifikasikan menjadi dua tipe, yaitu wet tank dan dry tank.
Compressor
Compressor
• Air Brake Type 
Air brake type menggunakan udara sebagai penggerak mekanisme pengeremannya. Contoh unit pemakainya adalah Nissan Diesel.


Air Brake Piping
Air Brake Piping
Slack adjuster adalah salah satu komponen penting yang ada pada air brake yang berfungsi untuk mengatur stroke atau langkah push rod brake chamber akibat ausnya lining brake. Adjustment lining brake dapat dilakukan dengan memutar worm shaft.

Brake System Wheel Machine Berdasarkan Kontrol Pengereman
Bagikan: