Apa Itu Torque Converter ?

Apa Itu Torque Converter ? Torque converter adalah suatu komponen power train yang bekerjanya secara hidrolis. Fungsi utamanya tidak jauh berbeda dengan main clutch (coupling), sehingga torque converter sering disebut juga fluid clutch. Untuk menjelaskan bagaimana suatu torque converter bekerja, dibawah ini digambarkan suatu contoh kejadian yang sangat erat hubungannya dengan prinsip kerja torque converter.

Baca juga: Tipe Damper Pada Kendaraan Alat Berat

*** Sepotong selang (pipa karet) yang diletakkan melengkung diatas lantai dan salah satu ujungnya dibiarkan bebas sedang ujung lainnya dihubungkan dengan pipa pompa air yang ditanam di dinding. Apabila ke dalam selang tersebut kita alirkan air atau udara bertekanan, selang itu sendiri akan berusaha menjadi lurus. Pada bagian yang melengkung, selang berusaha membelokkan arah aliran air agar mengalir mengikuti lengkungan selang itu sendiri.

Perubahan arah aliran air akan menghasilkan gaya reaksi pada sisi dalam lengkungan selang, sehingga 
selang dipaksa lurus. Untuk mengadakan perubahan arah aliran, kecepatan atau jumlah aliran diperlukan suatu gaya. Sebagai contoh, sepotong pipa yang melengkung seperti gambar dibawah. Apabila aliran oli melalui pipa tersebut, maka kecepatan aliran oli pada bagian masuk dan keluar menjadi berbeda. Gaya yang bekerja pada oli besarnya sebanding dengan gaya resultan antara kecepatan masuk dan keluar, dimana akan menimbulkan gaya reaksi pada dinding pipa, sehingga mengakibatkan pipa terdorong kearah yang berlawanan arah kanan (searah dengan gaya reaksi). Besarnya gaya yang bekerja pada oli dan gaya reaksi yang timbul pada dinding pipa adalah sebanding dengan besarnya aliran oli. Semakin besar aliran oli, semakin besar gaya reaksi yang dihasilkan. ***

Apa Itu Torque Converter ?
Apa Itu Torque Converter ?
Apa Itu Torque Converter ?
Bagikan: