Tappet dan Cam Follower

Tappet dan Cam Follower - Gearz Area . Follower di sini bukanlah tentang twitter dan bukan pula terkait google plus. Tapi Follower di sini adalah salah satu komponen penting dalam ilmu engine.

Tappet
Tappet
Tappet dan push rod digabung dengan cam shaft, rocker arm dan valve maka disebutlah valve mechanism / Mekanisme Valve. Putaran camshaft dirubah melalui cam menjadi gerakan vertikal pada tappet yang selalu bersentuhan dengan cam. Push rod terbuat dari batang besi untuk mentransfer gerak vertikal dari tappet ke rocker arm. Tappet dan push rod diangkat oleh cam dan turunnya dengan tenaga spring. Pergerakan tappet dan push rod sesuai dengan permukaan cam lift. Pada umumnya cam lift kurang lebih 10 mm. Tappet dan push rod selalu bergerak vertikal berulang-ulang dengan kecepatan tinggi. 

Valve mechanism untuk cummins engine memakai cam follower sebagai pengganti tappet. Pada engine cummins engine four valve type. Setiap cam menggerakkan dua valve dibantu dengan cross head untuk membuka atau menutup valve. Pengontrolan injeksi bahan bakar mekanismenya sama dengan mekanisme valve. Pada engine Cummins type V, tidak memakai cam follower mechanism tetapi menggunakan roller yang duduk dibawah setiap tappet. Sehingga persentuhan dari garis ke garis pada permukaan cam dapat dipertahankan antara roller dan cam. 

Cam Follower
Cam Follower

Bagikan: