Tali Serat Alami dan Tali Serat Sintetis

Tali Serat Alami dan Tali Serat Sintetis | Mungkin tampak sederhana bila kita membaca sebatas tali. Tapi tahukah anda bahwa peranan tali dalam kegiatan otomotif terkadang sangat dibutuhkan dalam beberapa hal seperti pengangkatan barang. Ada dua jenis tali yang sering digunakan dalam kegiatan mekanik (otomotif), yaitu Tali Serat Alami dan Tali Serat Sintetis. Pada umumnya penggunaan kedua tali ini masih sangat popular digunakan pada pekerjaan remove & install (bongkar dan pasang). 

Jenis-jenis Tali Dalam Otomotif
Jenis-jenis Tali Dalam Otomotif
a) Tali Serat Alami 
Material tali serat alami terbuat dari serat kulit tumbuhan Abaca, yang biasanya bila tali sudah jadi disebut tali manila. Tali manila biasa dibentuk menjadi sling untuk mengangkat benda ringan tapi sulit untuk dibentuk menjadi kargo net (jaring pengangkat), karena bahannya dari tumbuhan alami, tali serat alami ini tahan terhadap radiasi sinar matahari dan populer digunakan di luar ruangan. 

b) Tali Serat Sintetis 
Material tali serat sintetis terbuat dari bahan kimia sintetis yang betujuan menggantikan penggunaan tali manila. Ada 4 macam tali serat sintetis di pasaran, yaitu Nylon, Terylene, Polythylene Staple, Polypropylene. Tali nilon (Nylon) banyak tersedia di pasaran dan harganya murah, tali sintetis lainnya juga tersedia tapi harganya lebih mahal. Karena bahannya terbuat dari kimia sintetis, maka tali serat sintetis ini kurang tahan terhadap radiasi sinar matahari. Penggunaan regular sebaiknya di bawah atap. 



Bagikan: