Sistem Pendingin/ Cooling System

Sistem Pendinginan / Cooling System | Gearz Area. Seperti yang telah dibahas pada halaman sebelumnya bahwa sebuah sistem membutuhkan sistem pendingin yang salah satunya adalah sistem pelumasan. Agar oli bekerja dengan optimal dalam sistemnya, maka dibutuhkan suatu pendinginan untuk membantu supaya oli yang kembali dari pelumasan komponen yang panas dapat didinginkan dan digunakan kembali dengan baik.

Sistem Pendinginan / Cooling System
Sistem Pendinginan / Cooling System
Gambar di atas adalah sebuah sistem pendingin dalam engine. Berikut di bawah ini adalah penjelasan tentang komponen-komponennya.

•  Water Pump 
Water Pump digunakan untuk mensirkulasikan air kedalam sistem pendingin. Semua pompa air yang digunakan pada engine umumnya menggunakan jenis sentrifugal pump. 

•  Radiator, Fan dan Pressure Cab 
Radiator berfungsi sebagai pendingin engine, air radiator didinginkan dengan bantuan udara luar. Buffle plate berfungsi untuk memisahkan buble yang terjadi di dalam sistem / radaitor karena gelembung udara yang pecah dapat mengakibatkan kavitasi. 

•  Radiator Safety Valve 
Radiator safety valve terdiri dari dua buah valve yaitu pressure valve dan vacum valve. Karena panas tekanan udara di dalam radiator naik, apabila tekanan udara dalam radiator naik sebesar 0.75 kg/cm2 lebih tinggi dari tekanan udara luar maka kelebihan tekanan tersebut akan mampu mendorong pressure valve melawan spring, sehingga kelebihan tekanan akan keluar ke udara bebas. Sedangkan vacum valve berfungsi utuk mencegah kevakuman di dalam radiaotor jika tekanan dalam sistem pendingin kurang/lebih kecil dari tekanan udara luar maka vacum valve akan terbuka.

•  Thermostat 
Thermostat berfungsi mengatur membuka dan menutup aliran air pendingin ke radiator, sehingga temperatur air pendingin terjaga pada suhu (70 º C - 90 ºC). Untuk mencegah timbulnya over heating dan mempercepat tercapainya temperatur kerja engine pada saat mulai operasi.

•  Corrosion Resistor
Corrosion resistor berfungsi untuk mencegah terjadinya endapan dan karat yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran pendingin 
Bagikan: