Membongkar dan Memasang Komponen (Safety)

Membongkar dan Memasang Komponen (Safety) ~ Gearz Area. Sebagai seorang mekanik tentunya berpacu dengan alat-alat keras untuk membongkar dan memasang sebuah mesin atau engine. Menjadi seorang mekanik anda harus bisa memasang komponen-komponen hingga menjadi suatu alat yang berguna. Jadi, bukan hanya pintar membongkar saja, anak SD pun mampu bila hanya membongkar engine saja tanpa memasangnya kembali.

Membongkar dan Memasang Komponen (Safety)
Membongkar dan Memasang Komponen (Safety)
Berikut di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika anda sedang melakukan membongkar dan memasang komponen.

1. Selalu gunakan peralatan kerja yang tepat sesuai dengan peruntukkannya. Jangan menggunakan peralatan kerja yang sudah rusak. 
2. Tempatkan peralatan kerja dengan benar. 
3. Jangan sekali-kali menggunakan jari untuk meluruskan lubang pada komponen, pakailah obeng, rod, atau stick. 
4. Tempatkan penopang sebelum melepas baut untuk membongkar komponen. 
5. Jika akan membongkar komponen hidrolik, pastikan tidak ada tekanan hidrolik yang bekerja. Lihat terlebih dahulu prosedur untuk membebaskan tekanan hidrolik pada Shop Manual alat tersebut. 
6. Jika harus bekerja di bagian bawah alat, pastikan anda mencabut starting key dan menempelkan kode “masih dalam tahap perbaikan“ pada kabin operator untuk mencegah agar orang lain tidak mengoperasikan alat atau kendaraan tersebut. 
7. Matikan mesin ketika anda bekerja di dekat komponen yang berputar.

Sebaiknya anda mencermati setiap poin-poin di atas, mengabaikan satu poin saja akan bersifat fatal dalam kehidupan anda.
Bagikan: