Struktur dan Fungsi Camshaft

Struktur dan Fungsi Camshaft - Gearz Area . Camshaft terdiri dari cam gear sebagai penggerak, journal yang didukung oleh bushing dan cam sebagai pengontrol terbuka dan tertutupnya valve. Cam shaft berfungsi untuk membuka dan menutup valve intake dan valve exhaust sesuai timmingnya. Pada cummin engine, cam shaftnya dilengkapi dengan injector cam. 

Struktur dan Fungsi Camshaft
Struktur dan Fungsi Camshaft

•  Camshaft Bushing dan Thrust Bearing 
Camshaft terpasang di dalam cylinder block dan didukung oleh bushing yang duduk pada journal. Thurst bearing dipasang diantara cam gear dan journal pada piston nomor satu untuk melicinkan gerakan shaft bila ada beban axial. 

•  Lubrication Camshaft
Oil dari pump dialirkan dengan tekanan melalui cylinder block atau main gallery kemudian masuk ke cam shaft melalui lubang bushing journal. Bila mengganti bushing harus meluruskan kembali lubang yang ada pada cylinder block dengan lubang yang ada di bushing. 

•  Lokasi Camshaft 
Camshaft ditempatkan di cylinder head dan dilengkapi pengubah putaran dari crankshaft ke cam shaft (gear). Type dari camshaft yang putaran camnya dihubungkan ke valve melalui tappet, push rod dan rocker arm, akan terjadi inertia pada mekanisme perantara dan membuat valve sulit mengikuti kecepatan putar cam. Untuk menjamin berhasilnya kerja valve pada putaran tinggi dengan cara mengecilkan jarak antara cam dengan valve atau dengan cara menempatakan camshaft pada cylinder head (tipe OHC/Over head Cam) dan menempatkan camshaft diatas cylinder block (tipe HC/High Cam). Pada umumnya pada kendaraan sport memakai type OHC dan DOHC (Double Overhead Cam) yang dihubungkan dengan rantai atau belt sebagai penggeraknya. 
Bagikan: