Prinsip Kerja Engine 2 Langkah

Prinsip Kerja Engine 2 Langkah - Gearz Area | Setelah kita belajar tentang Prinsip Kerja Engine 4 Langkah, sekarang kita akan mempelajari engine 2 langkah. Seperti yang kita ketahui bahwa engine 2 langkah atau 2 tak ini sudah tidak lagi diproduksi dikarenakan polusi dari gas buang yang dihasilkannya kurang bersahabat dengan lingkungan alam. Namun begitu sebagai seorang tekhnik setidaknya anda mengenal dan tahu apa dan bagaimana kerja engine 2 langkah, just to know.

Prinsip Kerja Engine 2 Langkah
Prinsip Kerja Engine 2 Langkah
Berikut ini adalah uraian tentang bagaimana cara kerja engine 2 langkah dengan panduan gambar di atas.

1. Langkah piston ke atas ( Upward stroke ) 
Piston bergerak ke atas dari TMB (Titik Mati Bawah) menuju TMA (Titik Mati Atas), saat itu campuran udara dan bahan bakar masih mengalir ke dalam silinder melalui saluran (scavenging passage). Sebaliknya gas hasil pembakaran secara terus menerus dikeluarkan sampai lubang exhaust tertutup. Saat lubang exhaust ditutup oleh gerakan piston yang menuju TMA, campuran udara dan bahan bakar ditekan, sehingga tekanan dan temperaturnya naik. Pada saat itu lubang intake terbuka pada akhir langkah kompresi sehingga udara segar terhisap masuk ke dalam crank case

2. Langkah piston ke bawah ( Downward stroke ) 
Campuran udara dan bahan bakar yang dimampatkan diberi percikan bunga api dari busi yang menyebakan terjadinya pembakaran sehingga tekanan dan temperatur diruang bakar naik. Dan piston terdorong kearah TMB. Pada akhir langkah piston, lubang exhaust terbuka dan gas hasil pembakaran mulai keluar, kemudian campuran bahan bakar dan udara yang berada di crank case masuk ke dalam silinder. 

Penjelasan di atas memang lengkap tapi bagi pemula sepertinya masih membingungkan, mungkin perlu animasi atau alat peraga agar anda bisa paham betul cara kerja engine khususnya 2 langkah.
Bagikan: