Perbedaan Diesel dan Gasoline Engine

Perbedaan Diesel dan Gasoline Engine - Gearz Area | Mungkin bagi orang awam gasoline itu masih remang-remang, tapi bagi para mekanik dan teknisi nama gasoline sudah tidak asing lagi. Gasoline adalah penamaan mesin bensin yang biasa digunakan pada ilmu tekhnik.

Lalu apa perbedaan antara Diesel dan Gasoline Engine? Mari kita simak uraian berikut ini.

•  Diesel Engine 
Pada diesel engine udara yang terhisap ke dalam ruang bakar dikompresi sehingga mencapai tekanan dan temperatur yang tinggi. Bahan bakar (fuel) diinjeksikan dan dikabutkan ke dalam ruang bakar sehingga terjadi pembakaran. Secara sederhana Diesel Engine membutuhkan tekanan besar di dalam ruang bakar supaya proses pembakaran terjadi dengan sempurna.

Diesel Engine
Diesel Engine
•  Gasoline Engine 
Pada gasoline engine dilengkapi dengan karburator sebagai tempat pencampuran udara dan bahan bakar. Campuran udara dan bahan bakar dihisap ke dalam ruang bakar dan dikompresikan hingga mencapai tekanan dan temperatur tertentu. Pada akhir langkah kompresi, busi memercikkan api sehingga terjadi pembakaran. 

Gasoline Engine
Gasoline Engine

Setelah membaca dua penjelasan di atas antara Diesel Engine dan Gasoline Engine sudah terbukti bahwa kedua engine ini sangatlah berbeda. Setiap tipe engine memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut ini adalah ringkasan singkat beberapa perbedaan antara diesel engine dan gasoline engine. Dengan tabel ini maka anda akan bisa menyimpulkan mana keuntungan dan kerugiannya.

Perbedaan Diesel dan Gasoline Engine
Perbedaan Diesel dan Gasoline Engine

Bagikan: