Penjelasan dan Fungsi Cylinder Liner

Penjelasan dan Fungsi Cylinder Liner - Cylinder Block - Cylinder Group - Gearz Area . Cylinder liner merupakan komponen combustion chamber yang berhubungan dengan tekanan tinggi, dan beban gesek yang besar sebagai akibat gerak naik turun piston. Cylinder liner harus tahan terhadap temperatur tinggi, tidak mudah aus dan mampu menerima gaya yang besar dari piston. Ukuran cylinder liner harus sesuai dengan ukuran piston dan ring piston. Liner harus mempunyai kemampuan menyerap panas dan mentransfer seluruh panas dari permukaan dalam liner ke permukaaan luar liner. Liner harus tahan karat karena pada permukaan bagian luar berhubungan langsung dengan air pendingin. Untuk menjamin efisiensi pendingin yang tinggi, ketebalan liner lebih kurang 5 - 10mm. 

Penjelasan dan Fungsi Cylinder Liner
Cylinder Liner
Gambar di atas adalah contoh yang bisa kita ambil bahwa liner tak sebulat yang dilihat bila kita perhatikan langsung pada alat bantu. Semua bentuk komponen memiliki fungsi dan tujuan yang jelas. Tafsirkan saja penjelasan gambar di atas, saya rasa sudah lengkap. Dan terakhir di bawah ini adalah penjelasan tentang Cylinder Liner Seal Ring, yaitu cincin yang menempel pada liner.

Cylinder Liner Seal Ring 
Air pendingin untuk mendinginkan liner disekat oleh flange di bagian atas dan O-ring pada bagian bawah liner. Ring seal liner harus mampu menyekat dengan baik, tahan terhadap oil dan air serta 
tahan terhadap perubahan temperatur dan tekanan.

Cylinder Liner Seal Ring
Cylinder Liner Seal Ring

Bagikan: