Main Bearing dan Connecting Rod Bearing

Main Bearing dan Connecting Rod Bearing - Gearz Area .  Bearing adalah sebuah komponen yang tidak kecil tapi tidak besar yang mempunyai tugas penting dalam hubungan antar komponen. Biasanya, setiap komponen satu yang dihubungkan dengan komponen lainnya maka akan terdapat sebuah bearing. Gambar di bawah ini adalah sebuah komponen Crankshaft Group yang mana terdapat beberapa komponen lainnya seperti Main Bearing.

Crankshaft Group
Crankshaft Group
Main bearing dan connecting rod atau biasa disebut dengan metal bearing terpasang dengan pas pada masing-masing main journal dan crank pin journal. Bearing adalah yang mendukung langsung pada bagian yang bergesekan dari crankshaft dan selalu menerima tekanan pada permukaannya dan gesekan dengan kecepatan tinggi. Disamping harus tetap kedudukannya, bearing juga harus memiliki kekuatan yang besar dan dapat menyesuaikan. Pada metal bearing terdapat oil groove yang tujuannya untuk membawa oli ke seluruh permukaan bearing dan membuat pergerakan atau gesekan menjadi lembut. Selain itu, oil groove juga sebagai penampung oli pada saat engine mati untuk menjaga persentuhan yang baik pada permukaan shaft. 

Untuk menjaga kehalusan crankshaft bearing harus dibuat lebih lunak tetapi kuat dan permukaan dapat menyesuaikan, dengan demikian bearing dibuat dari material yang berbeda untuk memenuhi persyaratan diatas dan bearing ada yang mempunyai lebih dari dua jenis material. 
Bagikan: