Komponen Valve dan Mekanismenya

Komponen Valve dan Mekanismenya - Cylinder Head - Cylinder Group - Gearz Area . Mari kita berbicara lebih dalam lagi tentang cylinder group dan khususnya untuk saat ini adalah cylinder head. Seperti yang terlihat pada gambar yang ditunjukan di halaman sebelumnya bahwa banyak sekali komponen yang harus kita ketahui pada cylinder head ini, salah satunya adalah Mekanisme Valve.

Komponen-komponen Valve
Komponen-komponen Valve
•  Valve 
Valve terbuka dan tertutup secara teratur untuk memasukkan udara ke dalam cylinder dan membuang gas bekas pembakaran keluar. Pergerakan valve dari putaran camshaft yang dirubah menjadi gerakan vertical melalui push rod ditransfer melalui rocker arm dan diterusakan ke valve. Valve juga sebagai permukaan ruang bakar yang selalu menerima beban panas yang tinggi oleh karena itu dibuat dari material yang tahan gesek dan tahan panas. 

•  Valve Insert (Valve Seat) 
Valve Insert adalah suatu ring yang tahan terhadap panas dan benturan. Valve Insert dipasang diantara permukaan valve yang bersentuhan dengan cylinder head. Permukaan valve yang bersentuhan dengan cylinder head selalu menerima benturan dan gas panas yang tinggi sehingga valve seat harus tahan panas, kuat dan tidak mudah aus terutama pada bagian exhaust valve. Bila terjadi kerusakan pada Valve Insert dapat diganti tanpa mengganti cylinder head.

•  Valve Guide 
Valve Guide sebagai penuntun pergerakan valve secara sliding antara permukaan stem dan valve guide dengan gerakan vertikal dan juga sebagai pengontrol pelumasan pada valve stem. Dengan demikian dibutuhkan celah yang tepat antara stem dan guide, sehingga tidak terjadi kebocoran udara dan oli ke dalam air intake dan exhaust gas. Valve Guide dan valve dibuat dari bahan yang tahan panas. 

•  Valve Spring 
Valve Spring mengangkat valve hingga merapat pada valve seat saat valve sedang menutup. Valve Spring juga bekerja mengambalikan rocker arm, pushrod dan tappet ke posisi normal dengan cepat. Push rod dan tappet selama operasi menimbulkan inertia yang menyebabkan valve jamping pada saat engine putaran tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan. Spring coil akan berosilasi kearah axial dari gulungan spring. Puncak osilasi yang terbesar terdapat di bagian tengah spring tetapi jarak coil bisa hampir tidak berubah pada kedua ujung spring. Bila terjadi stress yang besar pada spring, jarak coil akan berubah karena disebabkan getaran pada spring coil. 

Di atas adalah beberapa komponen dari bagian mekanisme valve, untuk kelanjutan tentang valve dan komponen yang mendukungnya akan saya jabarkan besok di halaman berikutnya.
Bagikan: