Klasifikasi Engine

Klasifikasi Engine - Gearz Area | Sebenarnya apa itu engine dan apakah itu mesin? Orang awam berkata bahwa engine dan mesin adalah dua kata yang mempunyai arti sama. Tapi bagi saya adalah dua kata yang mempunyai arti yang berbeda. Pertanyaan di atas akan anda temukan jawabannya bila anda terus mengikuti blog ini.

Klasifikasi engine adalah suatu rangkaian dari beberapa macam engine hingga menghasilkan beberapa tipe engine yang berbeda. Dari pernyataan di atas sudah jelas sekali bahwa tiap engine memiliki kelasnya, tiap engine memiliki perbedaan. Seperti halnya dengan diesel engine yang merupakan salah satu tipe dari internal combustion engine (motor bakar dalam). Internal combustion engine (motor bakar dalam) merubah energi panas yang dibangkitkan dari hasil pembakaran fuel menjadi energi mekanik. 

Combustion engine (motor bakar) dapat diklasifikasikan menjadi internal combustion engine (motor bakar dalam) dan external combustion engine (motor bakar luar) seperti diagram di bawah.

Klasifikasi Motor Bakar
Klasifikasi Motor Bakar
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Internal Combustion Engine adalah engine yang merubah energi panas yang dibangkitkan dari hasil pembakaran fuel menjadi energi mekanik. Sedangkan External Combustion Engine adalah mesin panas dimana fluida dipanaskan oleh pembakaran dalam sumber eksternal, melalui dinding mesin atau penukar panas. Cairan kemudian memperluas dan bertindak pada mekanisme mesin yang menghasilkan gerak dan kerja yang dapat digunakan.
Bagikan: