Combustion Chamber Berdasarkan Letak Valve

Combustion Chamber Berdasarkan Letak Valve - Gearz Area | Kemarin saya sudah perkenalkan tentang klasifkasi combustion chamber, yaitu berdasarkan letak valve dan berdasarkan bentuk. Untuk kesempatan sekarang saya akan coba memberikan sedikit uraian apa saja yang perlu kita ketahui mengenai Combustion Chamber Berdasarkan Letak Valve.

Klasifikasi Combustion Chamber
Klasifikasi Combustion Chamber (letak valve)
Berdasarkan pada gambar yang saya tampilkan di atas bahwa combustion chamber berdasarkan letak valve terdapat beberapa tipe di antaranya sebagai berikut.

- Over Head Valve Type
Intake valve dan exhaust valve dipasang di permukaan bagian atas silinder head. Dapat disebut juga tipe OHV atau tipe I-head. Ruang bakar tipe ini dibentuk agar berbentuk bulat (bola) sehingga dapat menghasilkan pusaran saat udara di kompresi dan penyalaan dapat merata ke segala arah. Tipe ruang bakar ini paling banyak digunakan dalam diesel engine.

- Side Valve Type
Ruang bakar side valve type letak intake valve dan exhaust valve sejajar disatu sisi silinder block. Tipe ini juga disebut tipe L-head. Bentuk ruang bakar rata (flat) sehingga struktur silinder head lebih sederhana dan biaya manufacturing lebih murah dibandingkan dengan tipe over head. Efisiensi pembakaran ruang bakar side valve type rendah, tetapi strukturnya lebih sederhana sehingga memudahkan perawatan dan bongkar pasang silinder head.

- T-head Type
Ruang bakar T-head Type intake dan exhaust valve masing-masing dipasang secara terpisah di sisi kanan dan kiri dari silinder block. Tipe ini memudahkan udara masuk dan keluar tetapi efisiensi panas (thermal efficiency) kurang baik karena memerlukan waktu lama untuk meratakan pembakaran, karena itu ruang bakar tipe ini sangat jarang digunakan.

- F-head Type
Ruang bakar F-head type intake dan exhaust valve masing-maing dipasang pada silinder head dan pada sisi silinder block. Tipe ini adalah gabungan (perpaduan) dari tipe over head valve dan tipe side valve. Bentuk ruang bakar mirip dengan tipe side valve. Mekanisme gerakan valve ruang bakar F-head Type lebih komplek sehingga tipe ini jarang digunakan.

Dari beberapa tipe di atas tentu saja kita seringkali mendengar ruang bakar engine tipe OHV, anda sekarang sudah tahu mengapa banyak yang menggunakannya.
Bagikan: