Combustion Chamber Berdasarkan Bentuk

Combustion Chamber Berdasarkan Bentuk - Gearz Area | Seperti yang telah kita pelajari bahwa klasifikasi combustion chamber pada engine sangatlah banyak tipenya. Kemarin kita telah membahas tentang Combustion Chamber Berdasarkan Letak Valve dan kiti mari kita lanjutkan kepada Combustion Chamber Berdasarkan Bentuk.

Klasifikasi Combustion Chamber
Klasifikasi Combustion Chamber (bentuk)
Seperti yang anda lihat pada gambar di atas bahwasannya combustion chamber berdasarkan bentuk itu dibagi menjadi 2 jenis yakni Open Combustion Chamber dan Devided Combustion Chamber. Dan berikut di bawah ini adalah sedikit penjelasan mengenai gambar yang di atas.

> Direct Combustion Chamber
Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, ruang bakar ditempatkan diantara silinder head. Bahan bakar diinjeksikan langsung ke dalam ruang bakar. Pada ruang bakar jenis ini mendapatkan campuran yang baik, bentuk nozzle dan arah injeksi merupakan factor yang sangat menentukan.

Direct Combustion Chamber
Direct Combustion Chamber
> Pre Combustion Chamber Type
Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini, bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar muka oleh injection nozzle. Sebagian bahan bakar yang tidak terbakar dalam ruang bakar muka didorong melalui saluran kecil antara ruang bakar muka dan ruang bakar utama kemudian terbakar seluruhnya di ruang bakar utama sehingga percampuran udara dan bahan bakar lebih baik.

Pre Combustion Chamber Type
Pre Combustion Chamber Type
> Swirl Combustion Chamber Type
Ruang bakar model pusar (swirl chamber) berbentuk bundar. Piston memampatkan udara, sehingga udara masuk ke dalam ruang bakar pusar dan membuat aliran turbulensi. Bahan bakar diinjeksikan ke dalam udara turbulensi dan terbakar didalam ruang bakar pusar. Bahan bakar yang belum terbakar masuk ke dalam ruang bakar utama dan terbakar seluruhnya di ruang bakar utama.

Swirl Combustion Chamber Type
Swirl Combustion Chamber Type
> Air Chamber Type
Pada tipe ini terdapat dua chamber yaitu main chamber dan air chamber. Selain itu, air chamber diklasifikasikan menjadi dua macam. Pada tipe yang pertama, fuel diinjeksikan ke main chamber dan udara diinjeksikan juga sehingga tekanan pada chamber meningkat sampai terjadi pembakaran. Pada tipe kedua, udara tidak diinjeksikan ke chamber melainkan di luar chamber mensuplai oksigen dan menghasilkan pusaran sampai terjadi pembakaran.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Combustion Chamber Berdasarkan Bentuk, untuk selanjutnya saya akan coba bahas tentang keuntungan dan kerugiannya.
Bagikan: